Tools Pembuat Aplikasi Mobile

Android hadir sebagai sistem operasi yang berjalan dibelakang layar dari perangkat-perangkat tersebut, dibuat oleh Google, dikelola dengan sangat serius hingga akhirnya kini di Google Play Store sudah terdapat lebih dari 2,2 juta aplikasi untuk perangkat Android. Data tersebut sudah cukup untuk mengantarkan sistem operasi Google ini menjadi terdepan, diikuti oleh iOS buatan Apple dan Microsoft Windows Phone.

Dalam membuat aplikasi android tentunya teman-teman telah mengenal toolsyang paling umum digunakan atau bisa dibilang sering dipakai oleh android developer, yaitu Android Studio . Selain Android Studio ada beberapa tools lain yang dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi Android. Artikel kali ini, kita akan membahas tools lain selain Android Studio yang bisa dipakai untuk membuat aplikasi Android.

  1. Android NDK
    Android NDK (Native Developer Kit) menawarkan satu set alat yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan C dan C++ untuk mengembangkan aplikasi Android. Alat ini hadir dengan beberapa perpustakaan yang disematkan untuk memungkinkan Anda menggunakan kembali kode sebelumnya dan memungkinkan Anda untuk berinovasi.
  2. Xamarin
    Secara ironis Microsoft juga mendukung pengembangan aplikasi Android menggunakan Xamarin. Ini adalah salah satu tool yang paling baru dan mungkin yang paling mudah untuk mengembangkan aplikasi, bukan hanya aplikasi Android, namun juga iOS terbaru dan aplikasi Windows.
  3. Apache Cordova
    Apache Cordova ini menyediakan berbagai API plug-in untuk memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi dengan mengakses beberapa fungsi seperti status baterai, kamera, kontak, perangkat, akselerometer, kompas, sistem berkas, geolokasi, Media, informasi jaringan, dan lainnya.i. Dengan kata lain kita dapat membuat aplikasi android hanya menggunakan HTML, CSS dan Javascript.

    Dengan menggunakan API dari Cordova, kita tidak perlu membangun aplikasi menggunakan native code seperti Java, Objective-C dan lainnya. Kita hanya menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman web dan di-installpada perangkat mobile yang bersangkutan. Karena menggunakan Javascript, aplikasi yang kita bangun pada suatu platform mobile dapat digunakan di platform lain dengan sedikit atau tanpa perubahan.

    Baca Juga : Penghasil para pembuat aplikasi atau software

  4. PhoneGap
    Bagi Anda yang mahir menggunakan HTML, CSS dan Javascript tentu tidak akan mengalami kesulitan menggunakan PhoneGap. PhoneGap bukan hanya bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile Android, namun juga aplikasi mobile untuk iPhone, iPad, Palm, Windows Mobile, BB dan sebagainya. Cara kerjanya juga mudah, Anda tinggal menulis program dalam HTML, CSS dan Javascript kemudian transfer ke compiler PhoneGap.
  5. Android Apps Maker
    Android Apps Maker ini dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui apa fungsinya. Membuat aplikasi dengan Android Apps Maker cukup mudah karena sudah tersedia sekitar 18 template yang bisa kita gunakan secara gratis. Beberapa contoh Aplikasi yang bisa kembangkan dengan aplikasi ini adalah gallery foto, game trivia, aplikasi ebook, stasiun radio dan lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *