Tips Desain Web Agar Situs Terlihat Profesioanal

Sama hal nya dengan fashion, desain web terus berubah mengikuti tren yang baru dan meninggalkan tren lama. Ketika Anda ingin membuat sebuah website yang akan membuat kesan profesional, Anda tentu akan selalu mengikuti dengan baik untuk menjaga semuanya secara up to date dan mengikuti tren. Memang kebanyakan orang akan melihat konten sebagai hal utama, tapi tetap saja orang akan melihat pertama kali saat berkunjung ke situs Anda yang terlihat adalah desainnya, jadi buatlah kesan pertama yang menarik.

  1. Keserasian
    Hal pertama sebelum mendesain blog adalah mengkaji desain yang bagaimana yang paling cocok untuk diterapkan di blog anda. Jangan sampai salah. Sebaiknya anda mencari referensi dulu desain yang seperti apa yang cocok dengan topik blog anda. Jika blog anda tentang travel, sebaiknya anda kunjungi dulu web/blog terkenal yang membahas travel. sekedar untuk referensi. Poin ini sebaiknya diingat selama anda melakukan langkah-langkah desain blog. Setiap yang tampil di blog anda harus sesuai dengan topik blog anda, atau setidaknya tidak mengacau (OOT).
  2. Kebergunaan
    Dalam mendesain blog, anda harus memperhatikan widget-widget, Call to action, link dan apapun yang tertampil di blog anda. Kemudian, bayangkanlah anda menjadi seorang pengunjung blog yang sangat awam. Lalu, pikirkan apa yang akan pengunjung rasakan ketika melihat blog anda. Apakah mereka akan merasa risih atau merasa terbantu?
    Pikirkanlah apakah widget ini diperlukan pengunjung anda? apakah link ini diperlukan oleh pengunjung blog anda? Jika anda ragu atas pertimbangan anda sendiri, tak ada salahnya melakukan survey & voting. Intinya, segala sesuatu yang tampil di blog anda harus memiliki nilai manfaat bagi pengunjung anda. Jadi, hilangkan hal-hal yang tidak penting.

    Baca Juga :  Cara Agar Desain Karakter Animasi Digemari

  3. Referensi Web Profesiona
    Jika Anda sekarang sedang membaca artikel ini, tentunya Anda sudah mendapatkan tips yang tepat sebagai panduan Anda dalam membangun situs yang profesional. Tapi tetap Anda harus mencari referensi desain web dari berbagai sumber, atau Anda bisa melihat situs-situs terkenal untuk membantu Anda dalam menemukan ide dalam mendesain web nantinya. Lihat bagaimana situs terkenal tersebut di bangun dan di desain, bagaimana mereka mengatur konten, warna apa yang mereka gunakan untuk situsnya, dsb.
  4. Font Yang Tepat
    Memilih font itu sangat penting. Karena text merupakan cara Anda untuk menyajikan informasi untuk pengunjung Anda. Bayangkan jika Anda menggunakan font yang buruk untuk situs Anda, pengunjung akan merasa kesulitan dalam melakukan pembacaan dan juga mata pembaca akan mudah lelah.
  5. Navigasi
    Navigasi adalah arahan, petunjuk atau jalan di sebuah blog. Begitulah mungkin singkatnya. Buatlah navigasi yang mudah di blog anda. Desain anda mungkin sudah disenangi karena 3 poin diatas. Tapi ketika pengunjung mengunjungi sebuah halaman di blog anda, belum tentu mereka tetap suka jika navigasi blog anda susah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *