Sebelum Memulai Belajar Desain

Belajar web desain bukan seperti kita belajar membuat mie instan yang dilakukan dengan beberapa tahapan. Ini benar-benar berbeda, iya berbeda. Belajar web desainbukanlah sesuatu yang instan sama halnya belajar web programing dan lainnya. Ketika kita sudah memasuki dunia ini, kita harus benar-benar harus fokus mempelajarinya jika kita ingin menjadi maestronya. Dikalangan para senior mungkin ini adalah hal yang mudah dan gampang untuk dipelajari, tapi bagi anda orang yang awam dan belum pernah menyentuhnya sama sekali, ini adalah hal yang sulit dilakukan, tapi bukan hal yang mustahil.

  1. Dimulai dari niat
    Hal pertama yang harus diperhatikan adalah niat, belajar desain tidak bisa dilakukan dengan secara instan, banyak materi yang harus di pelajari tetapi dengan konsistensi yang tinggi anda bisa menjadi desainer grafis yang handal dan bisa bersaing di dunia kerja.
  2. Cara belajar
    Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mempelajari sesuatu, sebagian orang mungkin lebih suka belajar dari tutorial dan langsung praktek, dari youtube, baca buku, bertanya kepada teman dll. Carilah cara belajar yang paling nyaman untuk diri anda sendiri sehingga anda lebih cepat memahami dari materi ke materi yang dipelajari.
  3. Tentukan tujuan
    Hal penting yang harus diperhatikan adalah tujuan, untuk memulai belajar desain anda harus menentukan arah kemana tujuan dari anda belajar desain, apakah anda ingin mengikuti kontes desain yang akhir-akhir ini marak di internet, apakah anda ingin bekerja atau membuka usaha percetakan atau hanya sekedar untuk mengolah foto untuk ditampilkan dalam media sosial. Hal ini perlu diperhatikan agar anda mendapat hasil yang pasti dan sesuai dengan kebutuhan.

    Baca Juga : Panduan Belajar Desain Grafis

  4. Software yang sesuai
    Software desain grafis sangat banyak jumlahnya, saya pikir anda harus memulai belajar dari software yang anda perlukan. Misalnya jika anda belajar desain bertujuan untuk mengikuti kontes desain logo maka belajar software yang bisa membuat gambar vector seperti Adobe Illustrator atau Corel Draw, jika anda ingin belajar desain untuk mengolah foto gunakanlah photoshop dan sebagainya. Kenalilah jenis dan nama software untuk desain grafis beserta kegunaannya agar anda tidak salah melangkah dalam belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *