Registrasi Nomor Ponsel Biar Tidak Diblokir – Jual Buku Anak

Pemerintah mewajibkan pengguna ponsel untuk melakukan registrasi nomor kartu SIM dengan Jual Buku Anak memasukkan  nomor induk kependudukan (NIK) KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK) mulai 31 Oktober 2017. Jika tidak melakukan registrasi nomor ponsel Anda bakal diblokir.

Registrasi prabayar untuk pelanggan baru Indosat Telkomsel XL Axiata Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren bisa Jual Buku Anak dilakukan lewat cara mengirim SMS ke 4444. Namun, ada sedikit perbedaan format SMS. Batas akhir registrasi ulang kartu SIM yang divalidasi dengan NIK KTP dan nomor KK ini adalah pada 28 Februari 2018. Hal ini berlaku bagi pelanggan operator seluler prabayar baru maupun lama.

Registrasi  Nomor – Jual Buku Anak

Penetapan ini diatur dalam Jual Buku Anak Peraturan Menteri (Permen) Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang merupakan perubahan Permen Nomor 12 Tahun 2016. Sebelumnya, pemerintah hanya mewajibkan KTP sebagai syarat registrasi kartu prabayar. Selain untuk validasi pelanggan seluler, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi dan mencegah kejahatan siber, seperti penipuan, penyebaran berita palsu (hoax), dan juga spam.

Jual Buku Anak

Bagi pengguna baru Tri, Smartfren, dan Indosat, pendaftaran bisa dilakukan lewat cara mengirim SMS menggunakan format: (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK). Pelanggan baru XL mesti mengirim SMS berformat: DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).  Sedangkan pelanggan baru Telkomsel mengirim SMS menggunakan format: REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Khusus pengguna lama baik Telkomsel XL Axiata Indosat Tri atau Smartfren bisa mendaftar ulang melalui SMS ke 4444 dengan format: ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK). Pengguna baru diwajibkan jual buku anak mendaftarkan NIK dan nomor KK mulai 31 Oktober 2017 mendatang. Selain itu, pelanggan lama juga diwajibkan mendaftar ulang dengan waktu paling lambat pada 28 Februari 2018 mendatang.

Selain metode SMS calon pengguna juga bisa mendaftarkan diri melalui gerai situs atau aplikasi milik masing-masing operator. Sasaran utama kebijakan tersebut adalah pelanggan prabayar. Sebab, seluruh pelanggan pascabayar sudah teregistrasi. Kebijakan tersebut juga mendukung program national single identity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *