Peringkat Mobile Apps di Indonesia Diungkap Cheetah

Perusahaan pengembang aplikasi Cheetah Mobile Inc meluncurkan hasil studi terbaru tentang pasar mobile internet di Indonesia mulai dari e-commerce tranportasi online live streams aplikasi photo editor dan juga media sosial. Berdasarkan Cheetah Data divisi big data baru Cheetah Mobile telah terjadi pertumbuhan besar dalam pasar aplikasi transportasi online.

Go-Jek memimpin pasar ini dengan 6,61 persen penetrasi aktif mingguan (Weekly Active Penetration) disusul Grab dan Uber dengan masing-masing 6,44 persen dan 1,70 persen penetrasi aktif mingguan. GO-JEK Bigo Live dan Shopee menjadi penguasa pasar di Indonesia pada kategori mereka masing-masing. Di kategori e-commerce tahun lalu Shopee hanya menempati peringkat kelima.

Mereka bahkan masih di bawah Bukalapak yang tahun ini menempati posisi kelima. Sang juara di tahun 2016 yang lalu OLX, justru turun drastis ke peringkat empat. Untuk sektor mobile game,sejak diluncurkan tahun 2012 di perangkat iOS dan 2013 di perangkat Android Clash of Clans menjadi pemimpin di tahun 2017. Di posisi kedua Mobile Legends: Bang Bang juga menunjukkan perkembangan signifikan.

Namun secara keseluruhan aplikasi social messenger masih memimpin pasar mobile apps tahun 2017 dengan WhatsApp sebagai pemimpin diikuti oleh YouTube BBM dan Instagram. Segmen lain seperti video streaming dan aplikasi photo editor juga banyak diminati masyarakat Indonesia. Bigo Live dan aplikasi Cheetah Mobile Live.me memimpin pasar ini.

Live.me sendiri naik ke peringkat dua di tahun 2017 dari peringkat 4 dengan 0,16 persen penetrasi aktif mingguan. Di pasar photo editor, PhotoGrid dari Cheetah Mobile masih menjadi aplikasi terfavorit dengan 13,32 persen penetrasi aktif mingguan pada tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *