Pengertian Software Dan Fungsinya dalam Komputer

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

  • Fungsi software secara mendasar adalah mendeteksi perangkat hardware pada komputer, dan kemudian mengatur perangkat – perangkat hardware tersebut agar dapat berkerja bersama – sama.
  • Fungsi software komputer berikutnya adalah sebagai media untuk menghubungkan software – software lain dengan perangkat keras komputer.
  • Selain itu fungsi software juga sebagai pengidentifikasi program dan penerjemah software – software lainya agar dapat berkerja sama.
  1. Program BIOS
    Merupakan sebuah program dasar komputer yang berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat hardware pada saat booting. Beberapa contoh dari program BIOS diataranya AMI BIOS, AWARD BIOS, PHOENIX BIOS.
  2. Sistem Operasi
    Sistem operasi merupakan sebuah software komputer yang berfungsi untuk mengorganisir semua perangkat – perangkat yang terhubung dalam sistem komputer. Beberapa contoh dari sistem operasi adalah sistem operasi Windows, Linux, Unix, Mac OS, FreeBSD. Ulasan mengenai sistem operasi dapat sobat dapatkan dengan membaca artikel berjudul Apa Itu Sistem Operasi Komputer ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya.Baca Juga : Jenis Jenis Software
  3. Program Aplikasi
    Program aplikasi merupakan sebuah software komputer yang dibuat untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, software ini hanya dapat berjalan diatas sistem operasi. Jadi sobat komputer tidak dapat menjalankan software aplikasi tanpa adanya sistem operasi. Beberapa contoh dari program aplikasi diantaranya :
  • Program pengolah kata / word processor ( Ms. Word, Word Perfect, Star Word )
  • Program pengolah angka / spread sheet ( Ms. Exel, Quattro pro, Lotus )
  • Program pengolah data ( Dbase, Ms. Access, Foxpro )
  • Program pengolah gambar ( Adobe photoshop, 3D Studio, Corel Draw )/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *