Mengenal Sejarahnya Web Design

Bila diperhatikan kini desain web design semakin terbaru dan canggih saja, tampilan website kini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga bagus serta enak untuk di pandang, menggunakan barbagai elemen, efek, paduan warna, serta kemampuan menyesuaikan diri dengan lebarnya layar.

Sejarah web design

Tapi Anda tahu bahwa website telah ada sejak 25 tahun lalu bersamaan dengan diluncurkannya HTML di tahun 1990 serta untuk yang pertama kalinya website dibuat pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Bila saat itu website hanya sebatas teks beserta link berwarna biru guna mengaitkan antara satu halaman dengan halaman lain, tampilannya pun sangat standar, serta belum ada kolom, hanya teks yang tersusun kebawah saja. Dan kemudian setahun kemudian pun dikenal tabel guna membentuk layout, beserta tabel layout website yang dapat dibuat menjadi kolom-kolom.

Perkembangan website kini pun semakin berkembang pesat, orang-orang saat ini sudah memikirkan bagaimana cara membuat Web Design yang dinamis, tak hanya website statis saja, serta tidak menguras waktu lama, tahun 1998 saat Indonesia tengah mengalami krisis moneter serta terjadi kerusuhan pada tahun tersebut lahir lah PHP, yang langsung hadir versi 3. Dan dari sini website mulai berkembang sebab PHP memudahkan para pembuat website menjadi lebih dinamis.

Tahun 2008 pun orang mulai mengenal istilah Open Source, dan saat itu Mobile Web pun mulai hadir di kalangan masyarakat, sebab perkembangan teknologi komunikasi membikin ponsel mulai mempunyai kemampuan yang cukup canggih, serta dapat digunakan untuk berselancar di internet.

Dua tahun kemudian pula hadir java serta flash yakni pada tahun 1995-1996, setelah itu diikuti perkembangan oleh para pengguna internet sampai mencapai 74 juta serta terdapat 650ribu Web Design pun telah berhasil lahir pada saat itu, serta pada tahun tersebut pula mulai diperkenalkan CSS guna mengolah tampilan web jadi lebih menarik.

Di tahun selanjutnya, yakni pada tahun 1999 terbitlah yang CSS3, yakni CSS yang dikembangkan beserta hadirnya beberapa fitur baru yang semakin memudahkan anda menampilan jadi lebih menarik.

Baca Juga : Perbedaan Post dan Page di Website

Sekiranya menghabiskan waktu 4 tahun usai diperkenalkannya CSS3 sampai muncul istilah Web 2.0 yakni hadirnya berbagai website yang tampilannya semakin dinamis dan saat semua orang dapat membuat website serta halaman profil tertentu hanya dalam satu website antara lain, Blogspot, WordPress, MySpace, Tumblr serta Friendster dan Facebook, saat itu pengguna Internet telah mencapai 782 juta, serta terdapat 38 juta website yang terdapat di Internet.

Kemudian berjalan di tahun 2010 pengguna internet pun makin ramai saja, sekiranya terdapat 2 miliar pengguna Internet yang tersebar di seluruh dunia serta jumlah website pun makin membludak hingga menembus angka 240 juta, yang hampir sama dengan jumlah penduduk Indonesia. Pada saat itu juga orang pun mengenal HTML5 yang hingga kini masih sering digunakan bersama dengan kecanggihan yang dimiliknya, bahkan sampai menggeser kepopuleran Flash guna membuat animasi web.

Kini web desain pun semakin maju, banyak sekali Web builder yang disediakan di Internet, membuat website pun semakin mudah, bahkan orang yang tidak mempunyai dasar-dasar pemograman pun kini dapat dengan mudah membikin website hanya dengan drag and drop saja website pun siap digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *