Memulai Belajar Desain

Desain merupakan kerangka bentuk atau rancangan suatu benda. Sementara itu, grafis memiliki arti sesuatu yang dilambangkan dengan titik, garis atau bidang-bidang. Dapat disimpulkan bahwa desain grafis adalah bentuk visual dari suatu produk yang umumnya dibuat secara unik dan bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami tulisan. Selain itu, desain grafis juga dikemas sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian.

Bagi orang awam, desain grafis merupakan hal yang menakjubkan dan terlihat sulit dibuat. Namun, sebenarnya membuat sebuah desain tidaklah harus rumit. Setiap desain memiliki konsep tersendiri, sehingga hasil yang dibuat tergantung kepada konteks pesan. Pemula yang baru mencicipi dunia desain grafis dapat belajar mendesain hal-hal sederhana terlebih dahulu. Banyak yang bertanya-tanya seberapa penting belajar desain grafis, juga lebih baik pembelajaran dilakukan secara resmi atau autodidak. Hal ini tentu tergantung kebutuhan masing-masing orang.

Hasil gambar untuk belajar desain

Desain grafis merupakan proses untuk menciptakan tampilan sebuah publikasi, presentasi, atau di situs web yang menarik dengan cara logis. Oleh karena itu, tidak dapat kita pungkiri ketika desain selesai dikerjakan atau dibuat maka hasilnya akan terlihat seperti menarik perhatian, menambah nilai, dan meningkatkan minat audiens, simpel, terorganisir, memberikan penekanan selektif, dan menciptakan kesatuan yang utuh

  1. Mulai dari Aplikasi yang User Friendly dan Populer
    Setiap aplikasi yang ada tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Autodidak pemula disarankan untuk belajar menggunakan aplikasi yang mudah dan populer. Hal ini dikarenakan semakin populer suatu aplikasi, maka terdapat lebih banyak referensi yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Mudah tidaknya suatu aplikasi dapat dilihat dari user interface dan pengalaman bagi masing-masing orang. Ingat, bisa karena biasa. Tidak ada yang mudah pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu dengan belajar yang rutin maka kita akan semakin menguasai aplikasi tersebut.
  2. Bergabung dengan KomunitasBelajar sendiri tentunya membosankan dan membingungkan, karena jika terdapat kendala maka tidak ada yang dapat ditanyai. Biasanya hanya bermodalkan mesin pencari, hasil yang didapatkan tidak selalu memuaskan. Maka dari itu, dirasa perlu bahkan wajib untuk bergabung ke dalam komunitas desain grafis. Berada di dalam komunitas berarti kita dikelilingi oleh orang-orang dengan visi dan misi yang sama dengan kita, dengan kemampuan yang berbeda-beda. Jangan sungkan bertanya kepada sang ahli dan saling bertukar pengalaman dengan semua anggota komunitas.

    Baca Juga :  Tips sukses membangun aplikasi Mobile

  3. Ikut Kursus Desain Grafis

    Terkadang apa yang diajarkan di bangku perkuliahan tidak terlalu detail. Setiap mahasiswa diminta untuk dapat mempelajari lebih lanjut secara mandiri. Hal ini tentu dirasa kurang cukup bagi sebagian orang yang ingin belajar lebih. Apalagi bagi autodidak yang hanya bersumber pada tutorial yang ada di buku dan internet. Mengikuti kursus desain grafis dirasa perlu untuk menambah kemampuan dan wawasan. Akan tetapi, mengikuti kursus bagi mahasiswa dirasa melelahkan karena jadwal kuliah yang padat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *