Membuat Aplikasi Android dari Aplikasi Open Source

Membuat aplikasi android ini sungguh sangat menyenangkan proses yang dilakukan untuk pembuatanya juga seru. Seperti yang kita ketahui bahwa Android adalah salah satu platform mobile yang paling banyak digunakan di dunia dengan sistem operasi yang berbasis open source dan menjadi android developer memiliki potensi yang keuntungan yang besar. Tidak heran jika banyak developer yang ingin belajar membuat aplikasi Android. Dalam membuat sebuah aplikasi Android, tentunya kita akan membutuhkan banyak referensi untuk belajar android, contohnya seperti membaca buku ataupun blog-blog, namun tentunya itu mempunyai batasan tertentu.

Berikut adalah 5 Aplikasi open source yang membantu pembaca dalam membuat aplikasi Android :

  1. ML Manager
    MLManager adalah manajer aplikasi sederhana untuk perangkat Android. Aplikasi ini sangat pas untuk pembaca jika pembaca ingin mempelajari bagaimana mendapatkan informasi terperinci tentang aplikasi yang terpasang pada perangkat pembaca, mengekstrak APK dari aplikasi tersebut, mencopot pemasangan aplikasi dan banyak lagi.
  2. Leafpic
    Aplikasi galeri foto dan video adalah salah satu aplikasi yang paling umum yang dapat pembaca temukan di perangkat Android mana pun. Kalian pasti pernah bertanya-tanya bagaimana aplikasi itu dibuat? LeafPic adalah salah satu aplikasi galeri open source terbaik yang dapat pembaca coba dan pelajari. Hal ini cukup sederhana, mudah dimengerti dan sangat cocok untuk developer pemula. Salah satu hal terbaik yang dapat ditemukan pada aplikasi ini adalah aplikasi ini menerapkan tema dinamis.

    [ Baca Juga : Pengertian Tujuan dan Fungsi Website Desain ]

  3. Google I/O
    Google I/O adalah konferensi developer yang diadakan setiap tahun. Menampilkan ratusan demonstrasi dari developer yang menampilkan teknologi mereka. Ini adalah aplikasi Android untuk konferensi. Aplikasi ini mendukung perangkat yang menjalankan Android 4.0+ dan dioptimalkan untuk ponsel dan tablet dengan segala bentuk dan ukuran.
  4. Omni Notes
    Jika pembaca ingin membuat aplikasi Android dengan catatan lengkap seperti Evernote, maka ini adalah aplikasi yang tepat untuk pembaca pelajari. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur seperti berbagi dan mencari catatan, melampirkan gambar, video, audio, membuat sketsa di catatan pembaca, menambahkan pengingat dan banyak lagi.
  5. Amaze File Manager
    Ada banyak aplikasi file manager di Play Store, salah satunya tentu Amaze File Manager. Aplikasi ini memiliki fitur keren yang dibalut tampilan cantik ala Material Design. Amaze File Manager sudah memiliki fitur-fitur standar yang biasa ada di aplikasi file manager bersama dengan SMB sharingnavigation drawer untuk pindah antar folder dengan lebih cepat, app managerroot explorer, dan ada fitur untuk bookmark file .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *