Fitur Transfer Uang via Aplikasi Whatsapp

Fitur baru WhatsApp memungkinkan pengguna untuk saling mengirim uang. WhatsApp menghadirkan fitur WhatsApp Payment yang diketahui sedang diuji coba ke ratusan pengguna di India sejak Kamis (9/2) pekan lalu.

Fitur pembayaran ini disebut hanya muncul di aplikasi WhatsApp beta di versi 2.18.41. Layanan pembayaran itu berbasis pada Unified Payment Interface (UPI) sebuah solusi real-time untuk transaksi yang dirancang oleh National Payment Corporation of India.  Perusahaan milik Facebook ini telah menguji pembayaran peer-to-peer berbasis UPI di India sejak Agustus 2017 lalu. Dengan demikian, WhatsApp Payment tampaknya eksklusif bagi user di India dan dirancang khusus untuk melayani transaksi pengguna di Asia Selatan.

Sebelum menggunakan fitur WhatsApp Payment, pengguna harus menyetujui semua syarat dan kebijakan privasi. Segala transaksi harus dikonfirmasi dengan PIN yang dibuat saat akan trasfer dana, kecuali pengguna sudah memiliki akun UPI. Pengaturan itu tidak dapat ditemukan di dalam aplikasi WhatsApp melainkan memerlukan prosedur pendaftaran terpisah melalui situs web atau aplikasi mobile UPI.

Dalam praktiknya, WhatsApp mendukung UPI (Unified Payment Interface). Antarmuka tersebut akan memungkinkan aplikasi melakukan transaksi dengan dukungan bank-bank yang telah bermitra bersama WhatsApp.  Pengujian beta yang dilakukan perusahaan di India telah menunjukkan bahwa fungsi dari WhatsApp Payment berjalan baik disertai tampilan antarmuka pengguna WhatsApp.

Baca Juga : Tombol Like Facebook Kini bisa berikan komentar

Berdasarkan screenshot dari iPhoneHacks, WhatsApp Payment akan muncul dalam menu pengaturan di aplikasi pesan singkat tersebut. Pengguna kemudian harus mengkonfigurasi fitur tersebut dengan melakukan verifikasi nomor telefon melalui SMS dan memilih bank.

Opsi untuk mentransfer uang atau malakukan pembayaran kemudian akan muncul dalam antarmuka WhatsApp, dimana Anda biasanya menemukan ikon sharing foto, video, file, kontak atau lokasi ke dalam obrolan. WhatsApp Payment dilaporkan bisa digunakan di lintas platform (Android ke iOS dan sebaliknya) asalkan kedua pengguna menjalankan aplikasi di versi beta yang sama. Sementara opsi untuk kirim dana bisa diakses melalui antarmuka di layar obrolan yang terletak di bawah tab “Attachments” (lampiran).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *