Desain Dan Animasi

Perkembangan computer graphics yang terjadi belakangan ini ternyata mengubah pola kerja dan cara penyampaian ide kreatif dari pelaku seni dan kreatif dalam melaksanakan kegiatannya. Pelaku seni dan kreatif yang selama ini bekerja dengan cara yang manual ternyata sekarang telah banyak yang menguasai teknologi informasi dalam membantu mengembangkan ide-ide kretif mereka sehingga menjadi mahakarya yang besar dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Selain itu dunia usaha dan industripun telah banyak memanfaatkan keahlian para seniman ini untuk keperluan mereka, sehingga mendorong peningkatan kebutuhan tenaga kerja yang signifkan di dunia creative production baik di bidang cetak, animation, maupun perflman.

Jika anda memiliki rencana untuk membuat film animasi pendek dan telah memiliki ide untuk sebuah cerita, langkah berikutnya yaitu menulis struktur script cerita. Sebelum memulai mendesain dan memulai proses modelling, pastikan untuk menulis dan mengetahui psikologi dari karakter-karaktermu, dan apa saja yang akan mereka lakukan.

Read More :  Tips Mempromosikan Desain Grafis Anda

Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Prinsip dan Unsur Desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Daftar Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

  1. Desktop Publishing
    Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    GIMP
    Inkscape
    Macromedia Freehand
  2. Webdesign
    Macromedia Dreamweaver
    Microsoft Frontpage
    Notepad
  3. Audiovisual
    Adobe After Effect
    Adobe Premier
    Final Cut
    Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
  4. Rendering 3 Dimensi
    3D StudioMax
    Maya
    AutoCad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *