Apakah Animasi dan Video Sesuatu Hal Yang Sama?

Kalian pasti merasa bahwa Animasi dan Video adalah hal yang sama. Ternyata tidak loh animasi dan video itu adalah dua hal yang berbeda. Dimana sih perbedaannnya? yuk kita simak perbedaannya dari segi pengertian

Pengertian Animasi
Animasi berasal dari bahasa latin, Anima yang berarti memberi nyawa, hidup, jiwa dan semangat. Animasi sendiri memiliki arti sebagai seni memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak. Animasi juga merupakan sekupulan beberapa gambar yang dirangkai, dengan pergerakan yang cepat dan berkelanjutan atau terus-menerus memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya.

Animasi bisa direkam di media analog, seperti buku, film gambar bergerak, rekaman video atau di media digital, termasuk sejumlah format, seperti GIF animasi, animasi Flash atau video digital. Untuk menampilkannya, diperlukan perangkat seperti komputer, proyektor atau kamera digital atau smartphone.

Baca juga : Aplikasi lokak untuk baca berita terkini

Pengertian Video

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. 

Perbedaan antara animasi dan video adalah asal gambarnya. Bila gambar animasi berasal dari karya tangan manusia, baik secara manual maupun digital, maka gambar video berasal dari rekaman kamera. Selain itu perbedaanya terletak dari cara penyajiannya. Dalam animasi, informasi akan disajikan dalam bentuk penayangan frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan suatu kesan gerakan. Sedangkan pada video, informasi disajikan dalam suatu kesatuan utuh dari objek yang telah diproses dan dimodifikasi, sehingga seperti saling mendukung penggambaran, yang seakan terlihat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *