325 Miliar Jam Habis untuk Gunakan Aplikasi Mobile

Gambar terkaitBertambahnya pengguna internet dan perangkat mobile rupanya berkontribusi terhadap jumlah unduhan aplikasi dan uang yang dibelanjakan pada aplikasi. Berdasarkan laporan dari AppAnnie, tercatat bahwa di kuartal ke-3 tahun ini, iOS App Store dan Google Play Store menorehkan pencapaian baru dan tertinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk jam penggunaan aplikasi mobile, diperoleh data tidak kurang 325 miliar jam telah dihabiskan pengguna perangkat Android di seluruh dunia. Angka ini meningkat 40 persen dari periode kuartal yang sama di tahun sebelumnya yang mencapai kurang dari 250 miliar jam.

Jika angka unduhan aplikasi dari kedua toko aplikasi tersebut digabung, maka akan diperoleh angka unduhan sebanyak 26 miliar untuk seluruh dunia. Ini meningkat 8 persen dari periode kuartal yang sama di tahun lalu.

Angka tersebut dihitung berdasarkan jumlah unduhan baru , tidak termasuk pemasangaan ulang aplikasi. Unduhan dari Google Play Store mendominasi angka di dalamnya ketimbang iOS App Store.

Informasi lain yang dipaparkan oleh AppAnnie, untuk uang yang dibelanjakan untuk aplikasi melalui in-app purchase juga tidak kalah fantastis. Jika total belanja di aplikasi mobile dari kedua toko digabung, angkanya bisa mencapai 3 kali lipat dari angka unduhan yang tadi disebutkan.

Tercatat di kuartal ke-3 tahun 2017 diperoleh total belanja aplikasi sebesar USD17 miliar atau setara Rp200 triliun, meningkat 28 persen dari periode kuartal yang sama di tahun lalu. Tentu saja, layanan dari iOS App Store lebih banyak berkontribusi di dalamnya karena toko aplikasi tersebut tidak menyediakan fitur gratis atau freemium seperti yang ditawarkan Google Play Store.

Pasar India dan Asia Tenggara disebut sebagai dua pasar yang berkontribusi terhadap seluruh data di atas. Keunggulan angka unduhan Google Play Store ketimbang iOS App Store juga berasal dari India dan kawasan Asia Tenggara.

Selisih antara angka unduhan aplikasi dari Google Play Store dan iOS App Store meningkat dari 115 persen di kuartal ke-3 di tahun lalu menjadi 125 persen di kuartal ke-3 tahun ini. Indonesia pun disebut sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang berkontribusi terhadap kesuksesan Google Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *